Juli 22, 2008

Pilihan Hidup

Sepertinya saya lg mengidap penyakit wishy-washy (plin-plan, penj.). Peta hidup byk tak terealisasi. Fiiiuhh....Hiks...
Saat ada tawaran menggiurkan, tepatnya dalam hal mencari pengalaman hidup baru (alias cr kerja y lain) tanpa ba-bi-bu langsung "tancap gas", wuuuuuuushhhhh.............ninggalin kantor n kerjaan (setelah ada sinyal lampu hijau dr boss tentunya!)
Entah sudah berapa kali saya masih mencari kerja di tempat y lain. Kata koordinatorku, "hantam semua lowongan, sur!! (menyindir maksudnya!) :D

Yup,lagi2 masalah karir!!
Dulu sebelum wisuda mayoritas keluarga mendukung saya untuk jadi dosen sj coz katanya untuk perempuan profesi itulah y paling menguntungkan, boleh dibilang sama2 menguntungkan! menguntungkan buat siapa??!
"nnti klo dah slesai sarjana, melamar jd dosen sj. sy dah pengalaman mi de'. dosen tidak terikat jam kerja. tetap bisa urus keluarga juga!", saran kakak perempuanku paling tua
"sapa jg y sudah berkeluarga?!", saya pun ngeles (adik y kurang ****) :D

Memang sih ada benarnya juga, profesi paling pas untuk kalangan kaum hawa adalah jadi dosen/pengajar. Dari profesi itulah akan lahir anak2 bangsa y berprestasi, ato setidaknya melalui profesi itu aura keibuan seorang makhluk bernama "perempuan" akan menjadi hiasan bg dirinya sbg bekal nntix dalam hal mendidik anak sndiri (sok tua mu oya!!!!)

Pendapat kawanku (bukan merek majalah anak muda!) pun mengiyakan,
"iya, kasian suami dan anak-anak ku nnti, terlantar gara2 ibunya sibuk cari uang", curhatnya smbil tak lupa mnyisipkan icon *senyum
Senior ku jg tak mau kalah menimpali: " perempuan mmg cocok jd dosen/pengajar. cape' ma' de' kerja kantoran, makanya mau ka resign, lanjut S2 ku trus jadi dosen insyaAllah, amiin.. ayoo, sama2 mi ki ambil s2" *cari teman*

Lanjut S2 adalah Plan B-ku dan bisa dibilang ngerangkap Plan A jg, Plan A sebelum merealisasikan Plan B masih terobsesi mencari biaya untuk melanjutkan sekolah, Lalu Plan C ato semi C or semi B ato jgn2 semi A, bagaimana??! Ah..Pusing!!!!!

Saya bingung mana y harus saya dahulukan!
Sebelum mengubah "status hidup" saya masih getol2nya ngeringsuk sana-sini, apply for the job. Saya masih ingin menikmati kebebasan, kesendirianku tanpa harus merasa terbebani dengan urusan lain. tapi...d sisi lain ada saatnya manusia jemu dengan kesendirianx (kumat melankolisx!).

Saya memang paling lemah dalam hal Planning!
Ngeliat orang sukses dlm hal karir, muncul semangat cari kerjaan lebih baik. Liat org sukses pendidikanx jadi kepengen juga, liat org bersanding d pelaminan, jd ngiri :) semuanya mau diembat juga (maruk mode: on)

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al Baqarah: 216)

Itulah obat manjur tatkala salah satu plan belum terealisasi, saya selalu mencoba memaknai Firman Allah SWT tsb di atas. Mungkin bukan karena ke-plin-plan-an ku, tapi karena sy terlalu maruk, semuanya pengen disikat! Semoga ini bukan pertanda saya telah mengidap penyakit kufur nikmat.

"Kelak akan menimpa umatku penyakit umat-umat terdahulu yaitu penyakit sombong, kufur nikmat dan lupa daratan dalam memperoleh kenikmatan. Mereka berlomba mengumpulkan harta dan bermegah-megahan dengan harta. Mereka terjerumus dalam jurang kesenangan dunia, saling bermusuhan dan saling iri, dengki, dan dendam sehingga mereka melakukan kezaliman (melampaui batas)." (HR. Al Hakim)

Na'udzubillah.....

(Rabb, Letakkan dunia di tanganku, dan letakkanlah akhirat di hatiku, Amiin..)

3 komentar:

Racikan Huruf mengatakan...

Mau ini mau itu, hati-hati jadi penyakit iri.
Pilih yang lebih prioritas dulu, untuk saat ini. Pikiran ke depan emang bagus, tapi kalo terlalu ke depan nanti nabrak Neng!!!
Mau memperkenalkan blog baru ku di www.kamarputri.blogspot.com
Jangan tersenyum ngeledek! karena putri adalah putri.

Oyha mengatakan...

wiiihhhh, tuan putri berkunjung :)
makasih say petuahnya, nda tau juga nih terlalu banyak keinginan, moga2 bukan krn iri (na'udzubillah) tp skdar perbaikan diri..
btw, congrats 4 new blog. sy pasti akan mengunjunginya :)

Anonim mengatakan...

slam knal .........